3 Cara Berinvestasi dengan Efisien dan Menguntungkan

Ada banyak cara untuk menggandakan uang Anda. Di zaman modern ini, investasi adalah cara paling ampuh yang banyak dicari orang. Menyoal investasi, ada banyak jenis investasi 2021 dengan modal terjangkau dan bisa dijadikan pilihan. Misalnya, investasi saham, reksa dana, obligasi ritel, hingga emas atau logam mulia.

Tentunya ketika Anda investasi, sebaiknya Anda tak hanya siap menerima keuntungan investasi saja, tapi juga harus paham dan siap dengan risiko investasi.

Risiko investasi akan selalu ada di dalam setiap produk pilihan investasi. Namun jangan khawatir, risiko investasi bisa diminimalisir dengan cara menerapkan strategi investasi yang tepat.

Lalu apa saja yang perlu Anda lakukan agar Anda bisa menikmati untung dari investasi Anda? Berikut ulasan untuk Anda agar bisa berinvestasi dengan efisien dan mendapatkan untung maksimal.

1. Mulai Investasi Sekarang

Jangan menunggu sudah mapan baru berinvestasi, tapi berinvestasilah agar menjadi mapan. Untuk itu, lakukan investasi sedini mungkin. Tak perlu menunda-nunda hal baik seperti mulai berinvestasi. Anda tak akan pernah merasa siap 100% bila terus menunggu waktu yang tepat.

Investasi di zaman sekarang tak lagi sulit, semua informasi investasi bisa Anda dapatkan dengan mudah dan lengkap melalui internet. Anda pun bisa mulai investasi dengan modal mulai dari Rp100.000,-.

Berapapun umur Anda saat ini, mulailah berinvestasi. Tak ada kata terlambat, jadi jangan bersedih. Justru hal yang terpenting sebelum Anda investasi adalah menentukan apa tujuan Anda berinvestasi? Lalu memilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko investasi Anda.

Misalnya, apabila tujuan investasi Anda adalah untuk dana pensiun, tentu ada banyak pilihan produk investasi. Mulai dari saham, reksa dana, obligasi, logam mulia hingga deposito.

2. Diversifikasi Investasi

Apa itu diversifikasi?Diversifikasi adalah membagi modal yang Anda miliki ke dalam beberapa aset. Dalam berinvestasi, agar hasil keuntungan yang Anda dapatkan maksimal maka Anda wajib melakukan diversifikasi.

Mengapa langkah ini perlu dilakukan? Tujuannya adalah untuk mencegah kegagalan total jika salah satu aset mengalami kerugian, karena masih ada aset lainnya yang mengalami keuntungan. Sehingga beban kerugian finansial karena risiko investasi bisa terminimalisir.

Contoh yang umum dilakukan dalam diversifikasi investasi adalah dengan memiliki beberapa produk investasi. Misalnya, di saham, reksa dana, emas, dan deposito. Menyoal diversifikasi ini, Anda bisa kembali melakukan review portofolio investasi yang Anda miliki.

Hindari berinvestasi di dalam satu keranjang atau hanya memilih satu produk saja. Pelajari kembali produk-produk investasi yang sesuai dengan profil risiko investasi Anda. Usakan selalu untuk memiliki beberapa produk investasi agar Anda tetap bisa meraih tujuan keuangan Anda.

3. Pilih Investasi yang Tepat

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih. Mulai dari investasi di pasar modal yakni saham, obligasi, reksa dana, sukuk. Lalu investasi lainnya seperti emas logam mulia, deposito, hingga properti (tanah, rumah, apartemen).

Agar Anda bisa berinvestasi dengan efisien, mendapat untung maksimal maka Anda perlu memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan Anda secara finansial.

Ingat, setiap jenis produk investasi itu memiliki kelebihan atau keuntungan dan risikonya masing-masing. Semuanya ada tingkatannya, misalnya urutan dari jenis investasi dengan untung yang tinggi tapi risiko investasi juga tinggi adalah saham. Lalu, selanjutnya, ada reksadana, obligasi. Lalu produk investasi yang minim atau rendah risiko adalah deposito bank.

Jadi, jangan gegabah dalam berinvestasi apalagi hanya sekadar ikut-ikutan tren saja. Ingat pelajari baik-baik produk investasinya dan pilih yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Misalnya, untuk tujuan keuangan jangka panjang pilihan produk yang pas adalah saham, p2p lending syariah Indonesia, reksa dana, obligasi. Lalu untuk tujuan keuangan jangka menengah, reksa dana dan emas bisa dijadikan pilihan. Sedangkan untuk jangka pendek, emas dan deposito bisa dipilih.

3 Cara Berinvestasi dengan Efisien dan Menguntungkan
Scroll to top