BMW 3.0 CSL 2023—Kembalinya Ikon, Terbatas Hanya 50 Unit

2023 bmw 3.0 csl 04 830x553

BMW M membutuhkan sesuatu yang besar untuk hari jadinya yang ke-50. Itu tidak bisa hanya mengeluarkan sekitar 50 edisi Jahre dan pergi makan siang. Tidak, itu membutuhkan sesuatu yang mencengangkan, sesuatu untuk membuat para penggemar terpesona. Dan cara apa yang lebih baik untuk melakukannya selain mengembalikan ikon kesayangan dari masa lalu. Dan ini dia—BMW 3.0 CSL.

BMW 3.0 CSL baru ini hanya berbagi namanya dengan klasik tahun 1970-an. CSL 3.0 asli adalah mobil balap, lahir di balap mobil Touring Jerman, dan sangat sukses. Ketika memulai debutnya sebagai mobil jalan raya, mobil ini berbagi banyak hal dengan mobil balap yang sebenarnya, tetapi juga beradab, nyaman, dan sangat cantik. Mobil baru ini, bagaimanapun, bukan itu. Kebangkitan BMW 3.0 CSL 2023 tidak didasarkan pada mobil balap seperti aslinya.

Buatan tangan 50 Unit

2023 bmw 3.0 csl 04 830x553

Sebaliknya, kebangkitan BMW 3.0 CSL baru ini sebagian besar buatan tangan, sangat terbatas, versi mobil pengemudi dari BMW M4. Hanya 50 dari CSL baru ini yang akan dibuat, semuanya memakan waktu sekitar tiga bulan untuk membuatnya. Dan meskipun dibangun di atas BMW M4, ini adalah mobil yang sangat berbeda setelah diluncurkan di jalan raya.

Bodi CSL 3.0 hampir seluruhnya terbuat dari serat karbon. Hampir setiap panel bodi dibuat dari CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan melalui proses pengecatan yang sangat teliti dengan tangan, yang memakan waktu sekitar enam hari. Proses pengecatan memiliki delapan langkah, termasuk pengamplasan dan pelapisan yang berbeda, dan jalur perakitan khusus dibangun hanya untuk konstruksi dan penyelesaian panel bodi karbon CSL. Bagian aero, seperti sayap belakang, terbuat dari fiberglass.

2023 bmw 3.0 csl 10 830x553

Apa manfaat dari penghematan berat itu? Berat trotoar total 1.624 kg (3.580 lbs). Yang mengejutkan, tidak terlalu ringan dari M4 CSL, meski memiliki bodi serat karbon seluruhnya.

Satu Warna – Putih Alpen

Semua CSL 3.0 akan dicat dengan warna Alpine White dengan livery BMW M stripe, untuk menghormati livery balap 3.0 CSL yang asli. Sayap belakang tetap yang besar juga merupakan penghargaan untuk mobil aslinya.

Berbicara tentang penghormatan, jelas bahwa desain BMW 3.0 CSL sangat terinspirasi oleh mobil konsep 3.0 CSL Hommage beberapa tahun yang lalu. Kisi-kisi ginjalnya yang tampak cantik duduk agak tegak, sekali lagi untuk menghormati aslinya, pinggulnya lebar, dan duduknya cukup rendah. Ini adalah hal terbaik yang dibuat BMW M dalam waktu yang lama dan bahkan tidak mendekati.

Di dalam, BMW 3.0 CSL mendapatkan kursi bucket balap hardcore yang sama dengan yang tersedia di M4 CSL, panel pintu serat karbon, lebih banyak trim serat karbon, dan hampir tidak ada suara yang mematikan. Jadi itu akan menjadi keras di dalam. Jok belakang juga diganti dengan tempat menyimpan helm, sama seperti M4 CSL.

560 HP, RWD dan Manual 6-Kecepatan

Di bawah kap BMW 3.0 CSL terdapat versi yang sedikit disetel dari M4 CSL 3.0 liter twin-turbocharged inline-six. Untuk 3.0 CSL-duty, menghasilkan 560 tenaga kuda, yang tidak terlalu banyak dari M4 CSL tetapi cukup untuk menjadikannya BMW enam silinder paling bertenaga dalam sejarah. Mesin mengembangkan torsi maksimum 550 Nm pada 7.200 rpm. Dengan 560 tenaga kuda dan bobot trotoar yang relatif rendah (menurut standar modern), ia memiliki rasio kilogram-ke-tenaga kuda hanya 2,9, dibandingkan dengan 6,2 dari mobil aslinya. BMW belum merilis angka tenaga tetapi kemungkinan akan cepat.

Namun, jangan berharap itu menjadi monster drag race, yang mendominasi mobil. Alih-alih gearbox dual-clutch yang dapat berpindah cepat atau bahkan otomatis delapan kecepatan M4 CSL, BMW 3.0 CSL memiliki transmisi manual enam kecepatan. Ini lebih lambat dari otomatis yang bagus tapi lebih menarik. Kenop persneling manual, menariknya, berwarna putih dengan nomor pabrikan di atasnya.

Ini juga mendapatkan peredam M Adaptive yang disetel ulang, kemudi yang direvisi, dan dudukan sasis yang disesuaikan untuk rasa dan umpan balik yang lebih baik melalui kontrol.

Dengan hanya 50 model yang pernah dibuat, kecil kemungkinan Anda atau saya akan melihatnya secara langsung. Namun, senang mengetahui bahwa itu ada dan BMW bersedia membangunnya. Di atas kertas, spesifikasinya tidak perlu diteriakkan — hanya sedikit lebih ringan dari M4 Coupe dan hanya sedikit lebih bertenaga daripada CSL — tetapi bodi serat karbon dan manual enam kecepatan membuatnya istimewa. Bisakah itu hidup sesuai dengan nama leluhur? Kita hanya harus menunggu dan melihat.

BMW belum memastikan banderol harganya, tapi kami sudah membicarakannya sebelumnya berdasarkan info dari sumber: 750.000 euro. Sebagian besar unit ditujukan untuk Eropa, tetapi beberapa mungkin berakhir di garasi di Amerika Utara sebagai barang kolektor karena tidak dihomologasi untuk pasar ini.

BMW 3.0 CSL 2023—Kembalinya Ikon, Terbatas Hanya 50 Unit
Scroll to top