eBilling Online, Solusi Tepat Pembayaran Pajak Mudah dan Cepat

Kemudahaan era digital memang memberikan dampak yang signifikan pada berbagai aspek dalam kehidupan. Bahkan tidak mengecualikan aspek perpajakan yang seringkali membuat masyarakat merasa kesulitan dalam mematuhi aturan pembayaran atau pelaporannya. Inilah pada akhirnya yang membuat eBilling online diterbitkan untuk memudahkan proses pajak.

Pembayaran pajak yang dapat dilakukan lebih praktis melalui ID Billing ini memang sangat membantu masyarakat mentaati aturan pajak. Nah, lalu apa saja sih manfaat dari aplikasi ini untuk PKP? Simak ulasannya berikut:

Sekilas Tentang eBilling 

Mengenal eBilling di era digital ini tentunya akan sangat membantu dalam mempermudah setiap proses pembayaran pajak. Apalagi sejak terjadinya pandemi yang menyulitkan ruang gerak bagi setiap orang.

Melalui eBilling online  ini masyarakat bisa dengan mudah melakukan pembayaran secara elektronik yang akan dilakukan dengan ID Billing yang telah dimiliki. Biasanya ID Billing ini nantinya akan terlebih dahulu dibuat untuk kemudian digunakan untuk membayar pajak.

Pembayaran pajak melalui sistem ini pun telah menjadi hal wajib yang harus diterapkan masyarakat dimulai sejak 2016 lalu. Penggunaan virtual account atau pun sistem bank merupakan metode bayar yang bisa digunakan.

Cara membayar pajak secara online ini memang cukup efektif di era globalisasi sekarang ini. Setiap sistem yang dikelola langsung oleh biller dari Direktorat Jenderal Pajak. Hal ini tentu menjadi satu poin penting yang membuat aplikasi ini aman untuk digunakan.

Manfaat eBilling Pajak 

Sistem yang dibuat oleh DJP untuk mempermudah proses pembayaran pajak melalui eBilling online ini memang cukup menguntungkan bagi masyarakat untuk membayar pajak. Bahkan bagi perusahaan pun, sistem ini menjadi satu hal yang tentunya cukup mempermudah proses pembayaran pajak dengan cepat. Namun, apa saja sih sebenarnya keuntungan menggunakan e Billing ini? Berikut 5 diantaranya:

1. Kesalahan Pencatatan Dapat Diminimalisir

Keuntungan pertama dari penggunaan e Billing online ini adalah dapat diminimalisir nya kesalahan dalam pencatatan data pajak yang dilakukan. Kesalahan yang seringkali terjadi pada pelaporan transaksi yang dilakukan manual akan dicek secara otomatis pada sistem ini.

Hal ini tentu akan membantu perusahaan dalam melakukan transaksi pajak dengan lebih tepat dan cepat. Data pajak yang disajikan pun nantinya merupakan data yang tentu saja valid.

3. Sistem yang Terintegrasi 

Melalui adanya sistem ini tentunya masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya penyalahgunaan atas transaksi yang dilakukan. Sistem terintegrasi yang dipersiapkan dengan baik akan melakukan proses transaksi pajak dengan tepat.

Nantinya melalui e Billing online ini pembayaran pajak bisa dilakukan dengan lebih cepat secara online. Penggunaan virtual account yang sama seperti saat pembuatan ID Billing menjadi platform pembayaran yang akan digunakan.

3. Dapat Digunakan Pembayaran Semua Jenis Pajak 

e Billing online ini menjadi satu sistem yang diluncurkan untuk mempermudah semua proses pembayaran pajak baik pajak perorangan maupun pajak perusahaan. Tentunya sistem yang berada dibawah naungan DJP ini juga memberikan berbagai kelebihan bagi seseorang yang melakukan pembayaran pajak melalui e Billing.

Mendapatkan ID Billing, penyimpanan riwayat dari pembayaran pajak hingga BPE menjadi fitur yang bisa didapatkan penggunaan dari eBilling ini. Tentunya dengan adanya semua fitur data yang dapat disimpan sebagai bukti ini, nantinya transaksi juga bisa lebih transparan bagi wajib pajak.

4. Tidak Perlu Antri

Sistem manual yang dulunya selalu membuat wajib pajak kesulitan karena harus antri panjang dalam waktu lama tentu tidak akan ditemui pada eBilling ini. Wajib pajak pun juga tidak perlu membawa berkas untuk kemudian antri untuk membayar pajak.

Hanya melalui komputer dan membuka sistem eBilling online ini maka, wajib pajak sudah bisa membayar pajak dengan mudah. Tentunya dengan proses yang juga cepat dan aman untuk dilakukan.

5. Arsip Bukti Pembayaran Pajak 

Setiap kali proses pembayaran pajak selesai dilakukan maka, semua bukti akan disimpan dengan aman dalam riwayat sistem eBilling ini. Bukti Pembayaran Elektronik serta Nomor Tanda Terima Elektronik nantinya akan di arsip dengan baik oleh sistem.

Apabila suatu saat pengguna membutuhkan bukti terkait maka, bukti tersebut bisa kembali diunduh terkait keperluan tersebut. Hal ini tentu menjadi satu keuntungan lain yang bisa didapatkan wajib pajak supaya bisa menyimpan bukti secara online dengan lebih aman.

Nah, itulah tadi eBilling online yang bisa membantu proses pembayaran pajak dengan lebih mudah dan aman. Tentunya tanpa perlu lagi menggunakan banyak berkas dan antri panjang untuk melakukan pembayaran.

eBilling Online, Solusi Tepat Pembayaran Pajak Mudah dan Cepat
Scroll to top