Mobil Seni BMW M1 Andy Warhol Dilapisi Tepung oleh Aktivis Iklim

Aktivis iklim telah merusak seni yang tak ternilai harganya di museum di seluruh Eropa selama beberapa minggu terakhir. Kelompok itu disebut Ultima Generazione (Italia untuk “Generasi Terakhir”) dan itu merusak seni dalam upaya untuk menegaskan bahwa kita, sebagai masyarakat, menghargai hal-hal yang salah. Berdasarkan Reuterskorban terbaru mereka adalah BMW M1 Art Car, yang dilukis oleh Andy Warhol, yang baru-baru ini berlumuran tepung saat dipajang di Milan, Italia.

Para aktivis entah bagaimana bisa mendapatkan delapan kilogram (hampir 18 lbs) tepung ke dalam museum dan mereka membuang semuanya di atas M1 milik Warhol. Mengapa tepung dan mengapa Art Car ikon Andy Warhol? Saya kira tepung itu digunakan agar tidak menimbulkan kerusakan permanen dan BMW M1 dipilih karena mewakili ketertarikan kita pada kendaraan yang terus merusak lingkungan kita, mungkin?

“Masyarakat kita terobsesi dengan benda, tetapi tidak tertarik untuk melindungi masa depan anak-anaknya. Kami tidak bisa menerima itu!” kata Ultima Generazione dalam tweet berikutnya. Para aktivis jelas dikeluarkan dari museum tak lama setelah aksi mereka.

Ini adalah serangan ketiga mereka terhadap seni yang tak ternilai harganya di Eropa dalam sebulan terakhir. Sejauh ini, mereka melemparkan sup ke Van Gogh di Roma dan semacam cairan hitam berminyak ke lukisan Gustav Klimt di Wina, Austria. Sekarang Warhol M1. Sepertinya grup ini tidak akan berhenti di sini, jadi kemungkinan akan ada lebih banyak lagi yang akan datang.

Saya setuju untuk meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim, bahkan jika itu harus dilakukan dengan gerakan publik yang berani, bahkan kasar. Tapi merusak seni yang tak ternilai sepertinya cara yang buruk untuk melakukan itu. Tidak hanya tampaknya tidak relevan dengan penyebab sebenarnya (apa yang pernah dilakukan Van Gogh untuk berdampak negatif pada iklim kita?) tetapi menghancurkan karya seni yang melestarikan budaya kita dan keindahan umat manusia tampaknya kontraproduktif. Karya seni itu adalah bagian dari warisan umat manusia, itulah sebabnya ia dilestarikan sebagaimana adanya.

Untungnya, tidak ada karya seni yang hancur. Baik Van Gogh maupun Klimt tertutup kaca. Bukannya museum akan mengambil risiko kehilangan seni yang tak ternilai karena bersin yang tidak tepat waktu. Dan BMW M1 hanya dilapisi tepung, yang bisa dengan mudah dihilangkan tanpa merusak cat Warhol. Namun, ini adalah cara yang membuat frustrasi untuk meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim, terutama ketika banyak industri otomotif sudah melakukannya.

[Source: Reuters]

Mobil Seni BMW M1 Andy Warhol Dilapisi Tepung oleh Aktivis Iklim
Scroll to top