Saat Klaim Asuransi Mobil Ditolak, Mungkin Ini Salah Satu Alasannya!

Ketika melakukan klaim asuransi mobil lalu ditolak tentu anda akan merasa kecewa sebagai pemegang polis. Karena tentu saja Anda akan merasa yang paling berhak dalam menerima hak sebagai pemegang polis untuk klaim asuransi tetapi malah tidak bisa. Padahal sudah membayar premi asuransi secara rutin.

Memiliki asuransi khususnya mobil merupakan salah satu cara untuk melindungi aset pribadi. Tetapi jika anda melakukan klaim selalu gagal, mungkin beberapa hal berikut ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

1. Tidak Memenuhi Syarat Polis

Saat asuransi yang anda klaim terus ditolak, mungkin saja klaim Anda belum memenuhi syarat polis asuransi. Perlu diketahui, bahwa polis asuransi punya ketentuan masing-masing tergantung dari kebijakan produk Asuransi dan perusahaan asuransi.

Misalnya saja asuransi Anda masih dalam masa tunggu. Sehingga memang Anda belum boleh untuk klaim asuransi karena belum berlaku manfaatnya. Memang tidak semua asuransi melakukan kebijakan seperti ini. Namun ketika masih masuk dalam waiting period maka pengajuan klaim Anda otomatis ditolak.

2. Melakukan Klaim Diluar Pertanggungan

Penting bagi anda sebagai pemegang polis asuransi untuk kendaraan, mengetahui apa saja tanggungan dari produk asuransi yang dimiliki. Misalnya saja Anda memilih untuk membeli asuransi jenis komprehensif. Asuransi jenis ini, dinyatakan sebagai jenis asuransi yang mengcover seluruh kerusakan mobil termasuk kehilangan.

Tetapi ada kondisi dimana kerusakan mobil anda tidak bisa di cover oleh asuransi comprehensive. Misalnya saja untuk kategori kondisi gempa bumi, huru-hara dan terorisme. Jika anda melakukan klaim asuransi di luar perlindungan tanggungan maka otomatis klaim ditolak. Kecuali melakukan perluasan manfaat asuransi untuk kategori kondisi seperti gempa bumi, huru hara, terorisme, kecelakaan diri dan masih banyak lagi. Perluasan manfaat asuransi ini tentu membuat anda terbebani oleh tambahan biaya premi yang harus dibayarkan.

3. Dokumen Untuk Ajukan Klaim Asuransi Tidak Lengkap

Ketika anda akan mengajukan klaim tentu membutuhkan dokumen pengajuan yang lengkap. Dokumen tersebut berupa foto copy KTP, SIM dan STNK serta fotokopi kartu pemegang polis. Jika mobil anda mengalami kecelakaan atau kecurian maka dibutuhkan surat dari kepolisian.

Dibutuhkan pula dokumen pendukung seperti bukti-bukti kecelakaan mobil dalam bentuk bukti foto body mobil yang rusak. Sementara untuk kategori mobil yang mengalami curian Anda bisa melampirkan dokumen berupa bukti video CCTV jika menemukan CCTV di area kejadian mobil hilang.

Anda sebagai pemilik kendaraan juga wajib menceritakan kejadian rusaknya mobil atau hilangnya mobil secara rasional tanpa dibuat-buat. Dengan begini maka asuransi yang anda klaim tidak akan tertolak.

Itu tadi beberapa alasan yang salah satunya mungkin saja menyebabkan klaim asuransi mobil anda tertolak. Jika anda sudah mengikuti prosedur untuk klaim asuransi dengan baik dan benar maka bisa dilakukan lebih cepat dan dana ganti rugi untuk mobil anda akan dicairkan lebih cepat.

Bagi yang sedang mencari perusahaan asuransi terbaik untuk membeli produk asuransi, kini Anda tidak perlu repot mengunjungi perusahaan asuransi terdekat. Ada Lifepal yang akan membantu anda untuk membeli produk asuransi kendaraan secara online. Di Lifepal terdapat banyak perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan platform ini sehingga memudahkan anda untuk memilih produk asuransi sesuai kebutuhan dan jumlah budget.

Selain produk asuransi kendaraan, di Lifepal juga bisa menemukan asuransi kesehatan dengan berbagai promo menarik di dalamnya. Salah satunya yaitu dengan membeli produk asuransi untuk kesehatan anda akan mendapatkan diskon premi sampai 30%.

Saat Klaim Asuransi Mobil Ditolak, Mungkin Ini Salah Satu Alasannya!
Scroll to top