Apakah E92 BMW M3 GTS Sebenarnya Lebih Baik Dari E46 M3 CSL?

BMW E46 M3 CSL 9

Hanya menyarankan E46 M3 CSL bisa lebih rendah dari BMW lain dapat dihukum mati di komunitas BMW. Namun, terlepas dari potensi ancaman terhadap hidup saya, itulah yang akan saya lakukan. Sekarang saya tidak langsung mengatakan E92 M3 GTS lebih baik daripada E46 M3 CSL, tapi saya tidak mengatakan itu bukan lebih baik. M3 GTS sebenarnya memiliki beberapa komponen yang lebih unggul daripada M3 CSL dan mereka lebih baik dalam cara yang mungkin benar-benar menjadikannya mobil yang lebih baik untuk dikendarai.

Pertama, mari kita mulai dengan mesinnya. M3 CSL yang legendaris memiliki mesin 3.2 liter naturally aspirated inline-enam, dengan 360 tenaga kuda. Ini adalah mesin yang brilian, yang menghasilkan lebih dari 100 tenaga kuda per liter, berputar dengan bersih, dan menghasilkan suara metalik yang indah. Namun, mesin E92 M3 GTS adalah versi stroke dari mesin V8 M3 standar, jadi alih-alih menggantikan 4,0 liter, ia menggantikan 4,4 liter. Namun, masih disedot secara alami dan menghasilkan 444 tenaga kuda yang sangat sehat. Namun, meskipun memiliki dua silinder lebih banyak dan lebih dari satu liter perpindahan tambahan, mesin GTS sebenarnya berputar lebih tinggi dari CSL, ke 8.300 rpm stratosfer. Sebagus suara M3 CSL, GTS terdengar lebih baik, berkat sifat V8 yang cepat, putaran tinggi dan knalpot Inconel/titanium-nya. Jadi, E92 M3 GTS tidak hanya lebih bertenaga tetapi juga lebih menarik untuk digunakan. Poin: M3 GTS.

BMW E92 M3 GTS 1 750x499

Kedua mobil tersebut dijual hanya sebagai mobil otomatis saat baru, meskipun ada beberapa mod swap manual yang dilakukan pada M3 CSL selama bertahun-tahun. Namun, otomatis E92 – kopling otomatis tujuh kecepatan – masih jauh lebih unggul dari M3 CSL – SMG (Sequential Manual Gearbox) enam kecepatan – dalam segala hal. Ini jauh lebih cepat untuk bergeser, mulus di sekitar kota, bekerja dengan baik dalam mode otomatis, dan, yang lebih penting, menyenangkan untuk digunakan. Otomatis SMG M3 CSL menyebalkan, itulah sebabnya begitu banyak pemilik akan membayar banyak uang untuk menukar SMG-nya dengan manual yang tepat. Poin: M3 GTS.

E46 M3 CSL memiliki interior yang bagus. Ini pada dasarnya sama dengan interior E46 standar, hanya dengan beberapa bit serat karbon, atap karbon, dan desain Seri E46 yang canggih. Sedangkan E92 M3 memiliki kursi balap Recaro enam titik yang tepat, roll cage, dan sangat mungkin tampilan jam terbaik dari semua mobil yang pernah saya lihat selama ini. Poin: M3 GTS.

Satu area di mana E46 M3 CSL yang lebih tua mulai melawan adalah di departemen penampilan. Secara pribadi, saya pikir E92 M3 GTS terlihat lebih baik tapi saya gila. Sebagian besar penggemar lebih menyukai tampilan E46 M3 CSL dan saya mengerti – desainnya yang tampan dan canggih tidak lekang oleh waktu – sehingga dibutuhkan kemenangan di sini. Titik M3 CSL.

BMW E46 M3 CSL 11 750x500

M3 CSL juga dikatakan memiliki kemudi yang lebih baik. Saya tidak pernah mengendarai salah satu dari mobil ini, jadi saya tidak bisa mengatakan dengan pasti tetapi beberapa orang yang pernah mengendarai CSL dan GTS mengatakan yang pertama lebih baik. Dan mungkin memang demikian, mengingat E46 3 Series memiliki rasa kemudi yang sedikit lebih baik daripada penggantinya, E90. Poin: M3 CSL.

Jika Anda menambahkan semua itu, sebenarnya E92 M3 GTS yang keluar sebagai yang teratas, bukan legenda yang ikonik dan dipuja, yaitu E46 M3 CSL. Apakah itu berarti M3 GTS adalah mobil yang lebih baik? Belum tentu. Mobil-mobil hebat selalu lebih dari sekedar jumlah bagian-bagiannya. Namun, jika menyangkut aspek-aspek tertentu dari sensasi berkendara—mesin naturally aspirated dengan putaran tinggi, transmisi api yang cepat, dan catatan knalpot yang mematikan—m3 GTS-lah yang lebih siap untuk menggairahkan pengemudinya. M3 CSL mungkin masih lebih manis untuk dikendarai bagi banyak orang, tetapi saya tidak akan menyalahkan siapa pun karena menginginkan GTS yang lebih baru.

Apakah E92 BMW M3 GTS Sebenarnya Lebih Baik Dari E46 M3 CSL?
Scroll to top