BMW Seri 3 (G50 / G51) di CLAR dikabarkan tahun 2027

2023 BMW i3 Sedan 7

Rumor terbaru adalah BMW telah memperpanjang generasi Seri G20/G21 3 saat ini hingga 2027. Meskipun hal ini belum dikonfirmasi oleh BMW, sumber tersebut memiliki rekam jejak yang baik. Jadi pertanyaannya adalah: Mengapa BMW melewati siklus model 7 tahun yang biasa? Sekilas melihat lanskap otomotif, dan waktu, menunjukkan keputusan strategis oleh BMW yang berencana untuk membangun keluarga BMW Seri 3 berikutnya di dua platform. Salah satunya adalah model Seri G50 / G51 3 pada arsitektur CLAR yang fleksibel. All-electric 3 Series dikabarkan mengusung codename NA0, yang berasal dari platform Neue Klasse elektrik.

Dua Platform, Dua Filosofi

i3 menginspirasi eksterior 03 830x467
BMW i3 untuk Cina

Untuk sementara, BMW mempertimbangkan apakah harus menggunakan semua-listrik dengan Seri 3 baru atau menawarkan kombinasi model bertenaga pembakaran di samping kendaraan listrik sepenuhnya. Bahkan, strategi model yang sama kemungkinan direncanakan untuk BMW X3 SAV generasi berikutnya. Berita itu hampir tidak mengejutkan. Peralihan penuh ke keluarga listrik Seri 3 akan datang dengan tantangan pada tahun 2025. BMW sering mengatakan bahwa berbagai pasar di seluruh dunia belum siap untuk merangkul perjalanan listrik penuh. Dengan menawarkan jajaran Seri G50/G51 3, BMW dapat terus menawarkan campuran model yang berbeda, dari bertenaga bensin hingga hibrida plug-in.

Tentu saja, setiap pasar kemungkinan akan memiliki opsi untuk memilih Seri 3 apa yang akan dibawa. Dan pasar seperti Amerika Utara dan Eropa Barat tentu saja merupakan kandidat utama untuk model Seri 3 listrik. Pada saat yang sama, pasar terbelakang dapat terus menawarkan model dengan harga lebih rendah, seperti model empat silinder 320i atau hibrida plug-in 330e. Mobil berbasis Neue Klasse pertama akan memasuki produksi pada tahun 2025 di pabrik Debrecen di Hungaria, dengan pabrik Munich menyusul setahun kemudian.

2023 BMW i3 Sedan 7 830x467
BMW i3 Sedan untuk Cina

BMW belum mengkonfirmasi model khusus itu. Namun CEO BMW mengatakan bahwa EV pertama akan bersaing di segmen yang sama dengan Seri 3. Dia membuat pengungkapan penting selama panggilan pendapatan Q1 2022 perusahaan. Eksekutif BMW menahan diri untuk merinci apakah itu akan menjadi sedan atau gaya tubuh yang berbeda, seperti crossover untuk mencerminkan X3. Tetapi dengan X3 baru yang sudah siap diuji coba, kami yakin iX3 berikutnya akan menjadi BMW Neue Klasse pertama.

Hingga Seri G50/G51 3 hadir di pasaran, Seri 3 saat ini akan terus mendapatkan beberapa pembaruan. Beberapa dikabarkan sampai tahun 2024. Meskipun demikian, ini adalah keputusan penting untuk masa depan merek BMW, dan, tentu saja, tidak mudah.

BMW Seri 3 (G50 / G51) di CLAR dikabarkan tahun 2027
Scroll to top