Cara memeriksa level oli BMW tanpa dipstick

Memeriksa level oli di BMW modern mana pun lebih mudah dan lebih sulit daripada yang terlihat. Saya mengatakan ini karena jika Anda tidak melakukan apa-apa, BMW Anda akan memberi tahu Anda jika level oli Anda turun. Bahkan, BMW Anda bahkan akan memberi tahu Anda kapan Anda perlu mengganti oli berdasarkan cara Anda mengendarainya. Beberapa perjalanan singkat dalam perjalanan stop and go berarti penggantian oli lebih sering. Tapi apa yang Anda lakukan jika Anda memiliki campuran drive stabil pendek dan panjang? Untungnya, BMW Anda masih akan melacaknya dan memberi tahu Anda kapan Anda harus mengganti oli.

Apakah BMW Anda 20 tahun atau lebih?

Ganti oli BMW X3 03 830x623

Untuk memeriksa oli Anda, itu sangat tergantung pada usia BMW Anda. Jika model Anda berusia lebih dari 20 tahun – dari tahun 90-an dan awal 2000-an – anggap diri Anda beruntung. Cukup buka kap mesin bay, ambil kain bersih atau handuk kertas dan cabut dipstick oli dengan mesin mati. Bersihkan dipstick, ganti, lalu lepaskan lagi. Mengapa menarik, menyeka, mencelupkan, dan memeriksa ulang? Hanya untuk memastikan bahwa setelah menghentikan mesin, levelnya tidak lebih tinggi dari yang sebenarnya. Perhatikan dipstick akan memiliki dua takik horizontal di dekat ujungnya, jadi level oli Anda harus berada di antara keduanya. Juga protip – gunakan kain bersih atau handuk kertas baru, karena Anda tidak ingin ada kontaminan aneh yang masuk ke oli Anda dari dipstick.

Castrol ganti oli BMW 29 750x562

Dimulai dengan model tahun 2005, semua BMW memiliki dipstick elektronik. BMW “terbaru” yang dapat saya pikirkan dengan dipstick adalah E46 M3 2006. Di E92M3 saya, dipstick fisiknya hilang. Ini berarti bahwa bahkan setelah Anda mengganti oli Anda sendiri, Anda ingin memeriksa level yang tepat. Karena itu, Anda harus menghidupkan motor dan membiarkan mesin mencapai suhu operasi. Selanjutnya, Anda harus berada di Taman atau Netral dan pada permukaan yang rata. Kemudian, melalui sistem iDrive Anda dapat memeriksa level oli.

Periksa Level Oli di BMW Plug-in Hybrids

Tetapi bagaimana jika Anda mengendarai BMW plug-in hybrid? Bagaimana cara memeriksa level oli? Selamat datang di teka-teki modern. Mesin bensin harus berada pada suhu operasi untuk memeriksa oli. Sesuai petunjuk di layar iDrive, Anda harus berada di Taman atau Netral.

Tahukah Anda apa yang dilakukan mesin saat Anda memasang plug-in BMW di Park atau Netral? Ini mematikan. Untungnya, BMW melakukan siklus operasi level oli mesin pemeriksaan khusus ketika Anda memilih opsi itu di menu iDrive. Ini adalah kasus di BMW X3 xDrive30e 2021 saya. Mesin menyala saat Anda berada di Parkir, meskipun pengukur RPM tidak menunjukkan motor sedang berjalan. Setelah level oli diperiksa, hasilnya ditampilkan di layar iDrive.

Selalu Perhatikan Pesan Peringatan

Sekali lagi, BMW tetap akan memudahkan Anda dengan menampilkan pesan peringatan saat level oli terlalu rendah. Pada model BMW lama, Anda akan mendapatkan “lampu Aladdin kuning”, yang setara dengan peringatan level rendah. Ini berubah menjadi merah ketika oli mesin BMW Anda sangat rendah. Pikir kuning, saya perlu menambahkan minyak ketika saya berhenti di tujuan saya berikutnya. Jika Anda melihat tanda level oli berwarna merah, Anda harus menghentikan BMW Anda sesegera mungkin sebelum Anda merusaknya.

Tapi seperti biasa, perhatikan interval servis BMW Anda dan pesan apa pun yang ditampilkan di iDrive. Jika Anda ingin tahu tentang levelnya, atau Anda berencana untuk melakukan performa mengemudi apa pun, katakanlah autocross atau acara mengemudi trek balap, maka Anda pasti perlu memeriksa levelnya.

Punya pertanyaan tentang BMW Anda? Atau tentang bagaimana melakukan sesuatu pada BMW Anda? Tinggalkan komentar di bawah dan kami pasti akan menjawabnya. Kami juga membuat video demo bersama, jadi pastikan untuk memeriksanya di bawah dan berlangganan saluran kami.

film izle hdfilmcehennemi film izle film izle