BMW Kini Membuat Mobil Di Vietnam

BMW and THACO 1

Kurang dari lima tahun yang lalu merek BMW diluncurkan kembali di Vietnam dan sekarang mulai membuat mobil secara lokal. Bekerja sama dengan Truong Hai Auto Corporation (THACO), sedan Seri 3 dan Seri 5 akan diproduksi di dalam negeri bersama dengan SUV X3 dan X5. Keempat model ini akan dirakit di pabrik yang berlokasi di Chu Lai, Provinsi Quang Nam.

Sebagai anggota Asosiasi Produsen Mobil Vietnam, THACO didirikan pada tahun 1997 dan mengoperasikan tidak kurang dari tujuh pabrik di negara tersebut. Ini memiliki beberapa usaha patungan dengan beberapa pembuat mobil untuk memproduksi mobil. Ini termasuk model penumpang dari Kia dan Mazda, tetapi juga truk dari Mitsubishi. Keputusan untuk memilih keempat model BMW tersebut dibuat karena mereka termasuk yang paling populer di kawasan Asia.

BMW dan THACO 2 830x553

Sebelum menandatangani kesepakatan baru, THACO hanya berperan sebagai importir resmi kendaraan BMW di negara tersebut, dan kini kedua pihak mempererat hubungan dengan bersama-sama memproduksi empat model. Vietnam bergabung dalam daftar lokasi pabrik yang berbasis di Asia, bersama dengan Thailand, India, Malaysia, Indonesia, dan tentu saja China.

Saat ini, BMW membuat mobil di lebih dari 30 lokasi di seluruh dunia, termasuk di China yang juga mengoperasikan pabrik powertrain melalui usaha patungan dengan Brilliance. Merek mewah Jerman ingin menunjukkan tidak ada yang namanya standar ganda, berjanji untuk memberikan kualitas yang sama di mana pun mobil itu dibuat.

Jejak manufaktur BMW akan tumbuh lebih jauh pada tahun 2025 ketika pabrik Debrecen akan memulai perakitan kendaraan listrik generasi mendatang berdasarkan platform Neue Klasse. Sementara itu, memperluas kemampuan manufakturnya di China dengan pabrik baru dan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun pabrik baterai EV di dekat pabrik Spartanburg di Amerika Serikat. Pabrik South Carolina akan diperlengkapi kembali melalui investasi $1 miliar untuk mengakomodasi setidaknya enam SUV listrik pada akhir dekade ini.

Sumber: BMW

BMW Kini Membuat Mobil Di Vietnam
Scroll to top