BMW M3 Touring tidak akan datang ke Amerika Serikat

2023 bmw m3 touring black 05

BMW M3 Touring memulai debutnya minggu ini dan disambut dengan antusias oleh komunitas BMW. Setelah bermain dengan E46 M3 Touring satu kali, divisi M akhirnya memutuskan untuk memberi pelanggan seri produksi M3 Sports Wagon. Tetapi tidak semua orang akan mendapatkan kesempatan yang adil untuk meraih, kemungkinan besar, klasik masa depan.

Di samping pasar dalam negeri Jerman, Inggris, Swiss, Belgia, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan dan Jepang adalah beberapa target utama untuk M3 Touring. Dan meski BMW belum secara resmi menyatakan bahwa M3 Touring tidak akan datang ke Amerika Serikat, tulisan tersebut sudah lama terpampang di dinding.

2023 bmw m3 touring hitam 00 830x623

Tahun lalu kami melaporkan secara eksklusif bahwa BMW Amerika Utara tidak berniat membawa M3 Touring di sisi kolam ini. Seperti yang kami katakan saat itu, keputusan tersebut tidak ada hubungannya dengan kecocokan pasar produk, melainkan dengan waktu. Seperti yang telah kita lihat dalam video teaser BMW baru-baru ini, M3 Touring adalah proyek yang didorong oleh emosi, bukan perencanaan lanjutan.

Para insinyur M berbicara panjang lebar tentang bagaimana proyek tersebut membuahkan hasil dan seberapa cepat semangat mereka berubah menjadi produk yang layak. Bisa dibilang, M3 Touring mengingatkan kita pada BMW 1M Coupe yang mengusung nama internal Pyrate. Tapi Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungannya dengan pasar Amerika Utara.

2023 bmw m3 touring hitam 02 830x623

Ini cukup sederhana: G21 BMW 3 Series Touring bukan bagian dari peta produk AS, jadi sports wagon tidak pernah dihomologasikan untuk Amerika Utara. Implikasinya tidak penting. Sampai sekarang. Karena M3 Touring didasarkan pada desain Touring Seri 3, model baru ini juga tidak dihomologasikan untuk pasar Amerika Utara. Dan itu menyiratkan banyak tes kecelakaan yang khusus untuk pasar AS.

Tentu saja, orang bisa berargumen bahwa homologasi mobil bukanlah ilmu roket. Dan mereka akan benar. Tapi itu adalah proses yang panjang dan mahal. Dan di sinilah faktor waktu berperan. Jika BMW M3 Touring akan ada di peta produk pada hari-hari awal perencanaan M3/M4 baru, maka itu akan memberi BMW cukup waktu untuk melakukan homologasi mobil untuk pasar AS. Itu juga akan memberi perusahaan banyak waktu untuk membawa M3 Touring lebih awal ke pasar dan karenanya menghasilkan lebih banyak unit selama siklus hidupnya.

Dan itu merupakan aspek penting karena dengan demikian biaya homologasi akan dibagi ke dalam jumlah unit yang lebih besar. BMW M3 Touring memulai produksi akhir tahun ini bertepatan dengan model M3/M4 facelift, memberikan tur produksi hingga sekitar 2026-2027. Jadi meskipun permintaan untuk M3 Touring belum pernah terjadi sebelumnya, masih ada sejumlah unit tertentu yang dapat diproduksi dalam jangka waktu ini.

Ini juga soal seberapa nyata minat M3 Touring di Amerika Serikat. Terkadang buah terlarang adalah yang mendorong permintaan, jadi mungkinkah begitu juga dengan M3 Touring? Wagon BMW tidak pernah benar-benar populer di AS, meskipun ada komunitas kecil penggemar BMW yang bersumpah dengan gerobak sport mereka. Jadi, pernahkah ada angka penjualan ajaib yang bisa mengubah skala demi membawa M3 Touring? Hanya BMW yang tahu, tapi satu hal yang pasti: BMW M3 Touring akan turun sebagai salah satu mobil paling menarik yang pernah diproduksi oleh Divisi M.

BMW M3 Touring tidak akan datang ke Amerika Serikat
Scroll to top