Bagaimana Angka Dyno BMW M5 Melawan Pesaingnya?

BMW selalu bekerja dengan baik di dynos. Setiap kali BMW baru diluncurkan, para penggemar memasang mobil mereka di mesin dyno untuk menguji angka kekuatan sebenarnya dan mereka selalu lebih dari yang diklaim BMW. Namun, fenomena itu tidak unik bagi BMW. Hampir semua pabrikan Jerman meremehkan angka kekuatan mereka. Dan karena mereka semua menggunakan mesin dengan ukuran/tenaga yang sama, mana yang sebenarnya memiliki tenaga paling besar? Dalam video baru dari Carwow ini, Mat Watson menempatkan BMW M5 di atas dyno, bersama para pesaingnya, untuk mengetahuinya.

BMW M5 Competition adalah salah satu sedan paling bertenaga di planet ini, dengan mesin V8 twin-turbo 4.4 liter menghasilkan 617 tenaga kuda dan torsi 553 lb-ft. Namun, itu jauh dari satu-satunya sedan Jerman bertenaga V8 yang bertenaga di segmennya. Audi RS6 Avant diklaim menghasilkan 600 tenaga kuda dan 590 lb-ft. Mercedes AMG E63 menghasilkan 603 tenaga kuda dan 627 lb-ft, menurut lembar spesifikasinya. Dan terakhir, Porsche Panamera Turbo S E-Hybrid dikatakan menghasilkan 690 tenaga kuda dan 642 lb-ft. Tapi dyno mengungkapkan semuanya, jadi siapa yang paling berkuasa?

Ketika giliran BMW M5 untuk mengungkapkan kekuatan sebenarnya, itu benar-benar mengeluarkan tenaga yang lebih besar dari yang diklaim. Menurut dyno, itu menghasilkan 651 tenaga kuda dan torsi 863 Nm (636 lb-ft) yang menakjubkan. Angka tenaga kuda itu mengesankan tetapi angka torsilah yang mengejutkan pikiran. Mengapa BMW mengiklankan 553 lb-ft ketika menghasilkan hampir 100 lb-ft lebih? Itu bukan hanya meremehkan, itu menggertak.

BMW M5 Competition dengan M Performance Parts 5 830x553

Bagaimana dengan berat badan? Apakah BMW jujur ‚Äč‚Äčtentang diet M5? Menurut BMW, M5 Competition memiliki berat 1.940 kg (4.277 lbs). Saat Watson dan kru menimbangnya, beratnya 1.928 kg (4.251 lbs). Sangat dekat tetapi sebenarnya sedikit lebih ringan dari yang diklaim. Dengan berat lebih dari dua ton, 26 lbs tidak terlalu menjadi masalah dan tidak akan membuat perbedaan dalam performa atau rasa. Namun, rasio power-to-weight yang sebenarnya benar-benar berbeda dari yang diklaim dan BMW tampaknya mencoba untuk mempercepat persaingannya dengan mengklaim angka yang jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Bagaimana dengan mobil lain yang dites? Anda harus menonton video untuk mengetahuinya, tetapi jika Anda tidak ingin menonton (atau tidak dapat menonton), ketahuilah bahwa BMW berbohong tentang kekuatannya. Dengan cara yang baik.